Kisah Inspiratif “Jujur Meskipun Rugi”

Kisah Inspiratif – Suatu hari ada seorang pria memiliki profesi sebagai pembeli barang-barang bekas, ia terus berkeliling ke setiap gang rumah untuk mencari barang-barang bekas yang tak terpakai oleh penghuni rumah. Barang bekas yang di belinya itu pun seperti, botol kaca, kaleng minuman dan kardus yang telah tak terpakai lagi. Seluruh barang yang ia cari itu pun akan di belinya dengan harga yang sesuai dengan berat dari barang tersebut.

Baca juga: 

Kisah Cerita “Pianis Cilik

Kisah Sebatang Pensil

Ketika ia sedang berjalan dan sambil bertetiak “Beli barang bekas” sambil membawa gerobaknya untuk meletakan setiap barang bekas yang ia beli. Tiba-tiba seorang wanita memanggilnya agar ia berhenti berjalan. Wanita itu pun langsung menemui pria itu dan mengatakan “Dirumah saya ada kardus yang ingin saya jual, mari ikut dengan saya untuk mengambil kardus itu” kata sang wanita. Setelah mendengar kata dari wanita itu, ia pun langsung mengikuti wanita yang ingin menjual kardus dengannya.

Sesampainya di rumah wanita yang ingin menjual kardus padanya, wanita itu pun mengatakan padanya “Tunggu di luar, saya akan mengambil kardusnya di dalam”. Menunggu beberapa menit di luar, akhirnya wanita itu pun keluar dengan membawa satu ikat kardus. Melihat kardus yang di keluarkan oleh sang wanita, ia pun langsung mengatakan padanya “Tunggu sebentar ya, saya akan mengambil timbangan terlebih dahulu di dalam gerobak”. Ia pun langsung kembali menuju gerobaknya untuk mengambil timbangan.

Melihat sang pria yang sedang pergi mengambil timbangan, wanita itu pun memanfaatkan situasi itu dengan cara mengambil sebuah batu besar dan segera ia selipkan di balik tumpukan kardus yang telah di ikatnya. Tak berapa lama kemudia pria itu pun sampai di rumah wanita yang ingin menjual kardus dan sambil membawa timbangan. Pria itu pun langsung menimbang kardusnya, dan ia mengatakan “Beratnya 5 KG ya, jadi uang yang anda terima 20 ribu”. Ia pun langsung memberikan uangnya pada sang wanita.

Sang pembeli barang bekas itu pun langsung kembali menuju gerobaknya dan sambil membawa kardus yang barusan ia beli. Saat ia ingin memasukan ikatan kardus yang barusan di belinya kedalam gerobak, tiba-tiba batu yang telah di isi wanita itu pun jatuh keluar dari tumpukan kardus. Mengetahui hal itu, sang pria pun kembali kerumah wanita yang menjual kardus padanya.

Sesampainya di sana ia langsung mengatkan pada wanita itu “Ini, saya menemukan batu mu ini di dalam ikatan kardus” Bukan hanya itu saja yang di katakan oleh sang pria, ia juga mengatakan “Saya memanglah bukan orang kaya, namun saya tak pernah menipu orang lain ketika saya menimbang dan menerima barang bekas yang orang lain yang menjualnya kepada saya”. Mendengar kata dari pria itu, si wanita pun tertunduk malu.

Makna yang dapat di petik dari cerita di atas adalah:

“Seburuk apapun penampilan anda, sesusah apapun ekonomi anda. Selalu lah melakukan kejujuran meskipun kejujuran itu dapat merugikan diri sendiri. Ingat, setiap hal yang berupa kebaikan, pastinya suatu saat akan ada balasan yang lebih baik lagi yang akan anda terima dari orang lain”