Maaf

Cerita Inspiratif – Kita sebagai manusia merupakan mahluk hidup ciptaan tuhan yang paling sempurna jika di bandingkan dengan mahluk hidup lainnya. Tetapi kenapa kita merasa sangat sulit memafkaan seseorang yang telah mengganggu ataupun menyebabakan kita menjadi menderita? Ya, semua itu bukan lah hal yang mudah untuk di lakukan oleh setiap manusia.

Baca juga: Kisah Kesetian Dari Gajah

Namun, ada hal penting yang harus kita ketahui. Bahwa memafkan bukanlah demi gengsi ataupun kepentingan mereka semua yang telah bersalah kepada kita, melainkan itu semua untuk kebaikan diri kita sendiri.

Pastinya kita akan merasa benci, marah besar, dan sakit hati setelah seseorang itu menyakiti perasaan kita di saat peristiwa terntu yang di lakukannya. Namu kita pun harus menerima itu semua dengan hati yang bersabar dan menahan emosi.

Mengapa demikian? Padahal mereka yang menyakiti kita akan merasa senang terus menerus dengan apa yang telah di perbuatnya. Meskipun orang itu tau kita telah menderita akibat dari kelakukan buruk yang di lakukannya.

Tetapi mengapa kita tak sebaliknya membalas dan menunjukan kepada mereka bahwa apa yang dilakukannya kepada kita, kita pun juga bisa membalasnya. Dengan begitu kita dan orang yang menyakiti kita bisa merasakan dengan apa yang di lakukannya selama ini kepada orang yang di sakitinya.

Namun harus selalu kita ingat, tak ada gunanya jika membalas kejahatan dengan kejahatan. Hukum Karma berjalan, biarkan Karma yang mengerjakan tugasnya itu. Jika kejahatan itu terus di balas, maka Karma pun tak akan berhenti dan akan selalu berlanjut sampai kapan pun juga.

Dengan memaafkan, pastinya Karma itu akan berhenti, dan kita tinggal menikmati Karma baik dari orang lain suatu saat nanti. Karna kita telah melakukan kebaikan dengan cara memaafkan orang-orang yang menyakiti ataupun membuat kejahatan kepada kita.