Martil Yang Kuat

Martil Yang Kuat – Pada suatu hari, ada kedua orang pemuda dari kampung yang merantau menuju kota untuk mencari ilmu yang bisa di manfaatkan agar mereka bisa membuka usaha kedepannya. Setelah beberapa lama berjalan mengelilingi kota mencari ilmu. Kedua pemuda itu memutuskan untuk bekerja di toko pabrik yang pada saat itu sedang membuka lowongan pekerjaan.

Baca juga: Palu Penghancur Kaca

Ketika mereka sudah masuk kedalam pabrik, sang pelatih pandai besia pabrik memberikan mereka berdua pelat besi, masing-masing satu dan dua buag martil. Dengan begitu, masing-masing di antara mereka berdua memegang satu pelat dan martil.

Lalu sang pelatih menyuruh mereka berdua untuk memukul-mukul pelat besi tersebut menggunakan martil hingga putus. Jika mereka berhasil, maka mereka berdua di terima bekerja di dalam pabrik besi.

Kedua pemuda itu mengambil peralatan dan masing-masing mencari tempat untuk mulai memukul besi. Setelah beberapa saat, pemuda pertama datang ke pelatihnya dan mengatakan kepadanya, “ Tidak bisa! Pelat besinya terlalu keras! marti yang saya gunakan pun gagangnya sudah patah karena memukul pelat besi itu”

Selang beberapa menit kemudia, giliran pemuda kedua yang datang menghampiri pelatih. Dengan raut muka penuh keyakinan, ia berkata, “Pelatih, saya ingin bertanya, apakah ada martil yang lebih kuat lagi?”

Inti dari cerita di atas adalah

“Jika ingin menjadi orang sukses, maka cari lah jalan yang benar dan terus berusaha. Namun jika orang yang tidak ingin sukses, ia hanya akan mengeluh dan selalu mencari alasan yang tepat”

Setiap menghadapi kesulitan, orang yang gagal hanya dapat menyalahkan lingkungan dan mencari alasan untuk menutupi kekurangannya, karena tidak berani menghadapinya. Sebaliknya orang yang berhasil, memandang masalah sebagai”tantangan terhadap diri sendiri”. Ia terus mencari jalan keluar dan tidak pernah menghabiskan waktu atau tenaga untuk menyalahkan siapapun atau situasi apapun