Prinsip Kedalaman

Prinsip Kedalaman

Disebuah Desa, ada seseorang pemuda, ia ingin bertemu dengan tiga orang petani yang sedang bekerja menanam padi di sawah.

Setiap hari mereka datang ke sawah untuk menanam padi, meraka sebenarnya warga asli desa yang tidak mengenal dengan moderen.

Dipagi hari Mereka semua bergegas untuk berjalan menuju sawah, di sawah tersebut mereka setiap harinya bekerja kepada juragan pemiliknya.

Dari semua petani ini, hanya ada satu petani yang berhati mulia dan selalu menolong orang disaat keadaan kesusahan.

Kemudian, pada sore hari para petani pulang kerumah masing-masing, disaat perjalanan para petani ini menemui beberapa orang sedang jatuh dengan keadaan terlukan.

Akhirnya para petani hanya melihatnya saja tidak menolong atau tidak membantu sama sekali.

Tidak Lama Kemudianpetani yang baik hati datang dan ia menolong beberapa pemuda ini,

Pemuda ini berkata”Terima kasih pak kamu sudah menolong kami”

Pemuda itu berkata” tidak apa-apa saya memang selalu membantu orang lain”

Selang beberapa hari, di sawahhanya ada 3 orang yang sedang menanam padi dan memberi pupuk, namun pemuda itu mendatangi ke sawah dan berkata pada petani pertama, “Apa yang sedang Bapak lakukan?”

Petani pertama menjawab, “Kamu tidak melihat? Saya sedang menanam padi.”

Si pemuda lalu menanyakan hal yang sama pada petani kedua.

Sang petani kedua lalu menjawab, “Saya sedang bekerja menggarap tanah yang panjang dan lebar.”

Kemudian lagi-lagi si pemuda menanyakan hal yang sama pada petani ketiga.

Petani ketiga menjawab dengan tersenyum, “Saya sedang memikirkan bagaimana caranya memberi makan orang-orang sedesa ini.”

Apa yang bisa kita pelajari dari ketiga petani di atas? Terkadang kita melakukan sesuatu hanya memikirkan sesaat apa yang kita lakukan. Jika kita akan mendapatkan sesuatu, maka belajarlah untuk memberikan seseuatu bagi orang lain. Pemimpin yang luar biasa tidak hanya memikirkan apa yang dilakukannya sesaat saja, melainkan berpikir jauh ke depan. Dari sanalah kita akan belajar Prinsip Kedalaman, seberapa dalam kita berpikir hingga akhirnya berimbas pada pekerjaan long term kita.

Kesimpulan : Ketika akan mendapatkan sesuatu, belajarlah untuk memberikan sesuatu’. Bagaimana aku memaknai pernyataan itu dihubungkan dengan prinsip kedalaman hidupku? Apakah yang akan aku lakukan saat ini sudah kupikirkan juga sampai beberapa tahun ke depan? Apakah long term time ku sudah terhitung mulai hari ini?